Kumar Mangalam, Pria Terkaya di India

Di India, ada perusahaan sangat besar yang menguasai beberapa sektor bisnis di India. Perusahaan tersebut adalah Aditya Birla Group, perusahaan yang membawahi 120 ribu karyawan di 40 negara diseluruh dunia. Mulai dari bisnis, semen, kain, kimia, telekomunikasi, IT dan sebagainya. Ada sekitar 50 perusahaan lebih yang bergerak dibawah perusahaan Aditya Birla Group. Di Indonesia bahkan tersebar puluhan perusahaan di bawah naungan Aditya Birla Group.

kumar mangalam indiaSekarang, pemilik dari Aditya Birla Group yaitu Kumar Mangalam merupakan salah satu orang terkaya di India. Kekayaannya ditaksir sebesar 9 miliar dolar atau sekitar 90 triliun rupiah. Kumar Mangalam sendiri bukan pendiri dari Aditya Birla Group. Dia adalah anak dari Seth Shiv Narayan Birla, dan Kumar Mangalam adalah generasi keempat dari keluarga Birla. Lalu mengapa spesial? Karena Kumar Mangalam adalah orang yang berjasa membesarkan Aditya Birla Group sampai sekarang.

Mempunyai keluarga pebisnis, membuat kehidupan dari Kumar Mangalam sangat nikmat. Dia mendapatkan apa yang dia mau termasuk pendidikan. Kumar besar di Mumbai, lulus kuliah di Insititute of Chartered Accountants of India, kemudian melanjutkan kuliahnya di London Business School Inggris. Sebagai generasi keempat, menjadi penerus perusahaan keluarga adalah hal wajib bagi Kumar.

Kumar tidak menentang bahwa dirinya akan menjadi penerus perusahaan dengan jumlah karyawan terbesar di India tersebut. Setelah menamatkan gelar masternya di Inggris, Kumar mulai kembali ke India untuk membantu ayahnya, yaitu Aditya Birla. Tetapi sayang, musibah datang. Ayahnya meninggal pada tahun 1995, dan ketika itu Kumar masih berumur 28 tahun.

Benar, mau tidak mau Kumar harus meneruskan bisnis keluarganya yang sudah dibangun sejak abad ke 19 ini. Akhirnya Kumar menjadi pucuk pimpinan Aditya Birla Group pada tahun 1995 tersebut. Pada saat itu Aditya Birla Group “hanya” kain, pakaian, semen, alumunium dan pupuk. Karena mempunyai pemikiran yang modern, Kumar kemudian membesarkan perusahaan keluarganya tersebut.

Kumar membuat cabang perusahaan baru, yaitu telekomunikasi, software, asuransi, listrik dan sebagainya. Dan hasilnya? Tahun pertama perusahaannya memiliki turnover senilai 2 miliar dolar. Tetapi itu tidak lama, karena Kumar melihat perusahaan ini cakupan wilayahnya sangat sedikit. Hanya mengandalkan Mesir, Thailand dan Indonesia.

Setelah itu Kumar memperlebar daya jangkauan produksinya di beberapa wilayah di Asia, Afrika dan Eropa. Bahkan di bawah kepemimpinan dari Kumar, Aditya Birla Group pada tahun 2014 mempunyai keuntungan total 40 miliar dolar

Dengan lebih dari 120 ribu karyawan tersebar di seluruh dunia membuat kepimpinan Kumar memang patut diacungi jempol. Sekarang perkembangan perusahaannya tidak hanya dikenal sebagai tuan rumah di negeri sendiri, tetapi di daerah seperti Brazil, Eropa dan Afrika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s