Kaya Dari Penulis Skenario

Tumbuhnya stasiun televisi baru, munculnya puluhan stasiun lokal, makin menjamurnya jumlah PH dan produksi Sinetron dan tayangan televisi lainnya membutuhkan penulis-penulis baru. Menjamurnya stasiun televisi membuat berbagai rumah produksi (production house/ PH) kehausan penulis skenario yang handal. Akibat ‘miskinnya’ penulis skenario, kualitas sinetron banyak yang asal-asalan. Apalagi banyak sekali PH yang kerepotan memasok tayangan sinetron dengan sistem kejar tayang. Artinya, stasiun televisi sudah menayangkan episode per episode ketika syuting seluruh episode belum seluruhnya selesai.

Dengan kondisi seperti itulah, maka di sinilah peluang cerah bagi Anda yang berminat menjadi penulis skenario film dan sinetron. Apalagi jika melihat dari faktanya, di Indonesia jumlah penulis skenario sangat kurang sekali. Padahal setiap tahun, diproduksi 5000 acara sinetron, 20.000 acara non sinetron (news, infotainment, talkshow dll) dan ribuan acara-acara tv lainnya yang membutuhkan penulis-penulis dalam jumlah banyak.

Penulis skenario di beberapa PH di Jakarta seperti MD ENTERTAINMENT, SINEMART dll, mempunyai pendapatan yang sangat besar dan bebas pajak. Untuk menjadi penulis scenario tersebut, seharusnya memang punya bakat menulis sebagai dasarnya. Kalaulah tidak punya bakat, jangan putus asa, karena saat ini banyak tempat kursus dan workshop tentang skenario.

Dalam menekuni dunia sebagai seorang penulis skenario, Anda harus tahu mengenai hambatan-hambatan pada tahap awal. Karya-karya perdana Anda nanti mungkin tidak langsung dihargai puluhan juta oleh sutradara atau PH. Beberapa penulis skenario pendatang baru mengaku karya perdana mereka cuma dihargai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Meski dihargai murah, jangan patah arang. Ini dapat dimengerti karena nama dan karya Anda mungkin belum banyak didengar oleh praktisi PH. Tetap rajinlah menulis dan menawarkan bahan tulisan skenario film sembari terus memperbaiki kualitas.

Rajin-rajinlah meminta saran dan kritik kepada ahlinya yang sudah berpengalaman. Hambatan utama pendatang baru di dunia ini adalah cepat bosan, jenuh dan cepat putus asa kalau materi tulisannya kurang laku. Usir hambatan itu dengan terus menimba ilmu.

30 tanggapan untuk “Kaya Dari Penulis Skenario”

  1. Masalahnya adalah minimnya pelatihan cara menulis skenario film dengan terburu-burunya produksi film/sinetron sering mengakibatkan kualitas film/sinetron menjadi sangat parah sehingga dampaknya ke film nasional sangat menyedihkan. Kita butuh penulis-penulis yg punya proper training dan visi yg solid untuk membuat karya film yg benar-benar berkualitas.

    1. iya butuh. Dan mudah mencarinya. Toh dengan keinginan yang kuat, imajinasi yang tinggi dan alur cerita yang menarik cukup mudah menemukan penulis seperti itu. Yang jadi permasalahannya adalah dari sisi “kesabaran” dari “orang-orang diatasnya”. Well, kayak producer, untuk memproduksi sinetron saja harus membayar budget tinggi untuk artis “yang katanya terkenal” tapi tak mempunyai ekspresi wajah yang sreg atau “dapet” sesuai dengan lakon adegannya. Kemudian belum kru-krunya, lalu lokasi tempat yang kadang si penulis mintanya macem-macem. Atau yang paling parah music effect yang GAK BANGET dan monoton dengan itu-itu aja.
      Adakah waktu untuk semuanya diproses secara pelan-pelan? Kayak, reading naskah yang lebih diperdalam, pengambilan lokasi, adegan, soundtrack yang dipakai, sound effect yang diremix ulang or di bibuat ulang kayak sound effect modus anomali dan yang paling penting ADAKAH WAKTU UNTUK MENGEDIT ITU SEMUA MENJADI SATU ADEGAN SINETRON YANG MENYENTUH DAN PUNYA MAKNA DI PEMIRSA?

      jawabannya, gak ada.

      Karena apa?

      Rating dan deadline dari orang – orang yang hanya memikirkan keuntungan.

      #RIPSinetronIndonesia

  2. kenapa ga pernah diadain festival skenario film untuk umum,lebih dipublikasi lewat media,khusus’a tv,jgn cuma musik,dance,coba lebih dikasih kesempatan,untuk para penulis cerita film lebih hebat imajenasinya.tks

  3. hampir 95% senetron bikin mau muntah.cerita yg itu2 aja.sm sekali gk mutu.konyol,apa gk malu karya 2 menjijikan gt di pertontonkn.tp anehnya laku.sm sekali gk py bobot politik sos dn bdy.jijik nonton senetron ind.lbh asik nonton srimulatnya DPR

  4. SAYA ADA 2 NASKAH TENTANG KASIH SAYANG IBU DAN CINTA…
    TAPI TIDAK TAUU MAU KIRIM KEMANA SOALNYAA DIINTERNETT BANYAKK YG EMAILL JD NGGAA TAU YG MANA YG JUJUR/BOHONG

  5. slah satu judul skenario saya SITI dan AMINAH
    KENANGAN DALAM SEBUAH GITAR, jika ph/stasiun tv brmint hub 085263397208

  6. ada 15 episode. judul sinetronx ‘Just For You’ .ceritax cinta kakak (DK)dan seorg cew yg mendadak jdi adik angkatx (HR) .d sisi lain DK dtaksir vocalis dr bandx sndri (RY). DK adl drummer. smentara RY da d tunangin ma ank tman mamax(RF). ceritanya mencakup dunia band, sekolah,kuliah, kerja, ekskul basket dan paskibra ,lagu dri bandx DK yg trbaru adl lagu2 ciptaan HR. bwt lagux saya sudah ada banyak krna saya bsa buat lagu. OST jg dah siap. PH berminat hub saya y di 081 945 575 486.trima ksi 🙂

  7. nama saya syaila. saya ingin sekali menjadi seorang penulis skenario. saat ini saya sudah punya lebih dari 40 judul skenario. skenario tersebut bertajuk kan tentang. sosial,realigi,adventure dan banyak yang lain nya. saya slalu berusaha membuat sesuatu yg berbeda dan lebih baik dari yg tlah ada. jika saya diberi kesempatan. jangan lupa hub saya di 087895226103 dan terimakasih

  8. saya memiliki sebuah sekanario ten tang hidup saya, yang saya harapkan jangan banyak lagi korban seperti saya,nan
    tinya…kisah nyata yang benar benar saya alami, namun saya juga tidak tau bagaimana cara dan kesiapa saya bisa mengirimi semua ini, karena saya juga ingin sekali mendapatkan income dr hobbi saya menulis ini..bisa kontek ke imel saya sri.erlinawati@yahoo.co.id

  9. Potensi penulis di Indonesia banyak. Tetapi sistem seleksi yg dibuka oleh pihak produser juga hrs transparan dan memotivasi calon2 penulis. Misal pada kurun wkt 6 bln kedepan produser perlu spek skenario dgn tema ‘A’ atau tema ‘B’. Lolos atw tdk lolos hrs diapresiasi dgn memberi jwb.an kepada penulis via email. Bila semua produser bersifat peduli & konsisten dgn apresiasi ini. Pasti penulis berkualitas akan bermunculan tiap tahun.

  10. saya suka sekali menulis, menulis tentang kisah nyata saya maupun orang lain yang ada disekitar saya, saya pengen banget di film in biar orang-orang bisa mengambil nilai positifnya…
    film jaman sekarang banyak sisi yang negatif contoh pergaulan jaman sekarang atau film jaman sekarang lebih banyak cinta-cinta an, jadi anak kecil banyak yang dewasa sebelum waktunya…
    jarang ada film bertema anak-anak, dikhususkan untuk liburan sekolah, masa liburan sekolah anak-anak nonton eftifi???

    hubungi saya di 0822-1009-6981

  11. Saya punya impian untuk jadi penulis sekenario dan itu lah impin saya
    Jadi pengarang cerita untuk ftv
    Dan saya ingin sekali
    Bahkan dari cerita kisah nyata pun juga banyak menyankut hidup saya
    Dan saya ingin menjadikan sebuah sekanaryo dan di tayangang kan di televisi dan layar lebar

Tinggalkan komentar