Perkembangan e-Commerce di Indonesia

Transaksi online atau yang biasa disebut e-commerce di Indonesia bukanlah sesuatu yang baru. “Era dotcom” yang melahirkan amazone.com maupun e-bay telah merevolusi cara belanja konvensional. Di Indonesia pun lahir beberapa situs belanja online yang cukup dikenal masyarakat, seperti bhineka.com, e-grossir, dan banyak model startup lainnya.

ecommercePertumbuhan e-commerce setiap tahun dapat mencapai angka dua digit. Walaupun dunia diterjang oleh krisis finansial global, pertumbuhan transaksi—misalnya di dua situs terbesar seperti e-bay dan amazon.com—mencapai peningkatan hingga 31%. Di Indonesia perkembangan e-commerce ditandai dengan bertumbuhnya situs jual-beli ditambah dengan maraknya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di Indonesia untuk memulai bisnis berbasis internet.

Bila awal perkembangan e-commerce—misalnya amazone.com—dimulai dari penjualan buku, di Indonesia dimulai dengan penjualan komputer dan alat-alat elektronik. Pada tahun 2008, lebih dari 40% transaksi e-commerce ditujukan untuk reservasi pesawat terbang. Pada tahun 2011, transaksi didominasi oleh penjualan buku, diikuti dengan pakaian, sepatu, dan aksesori di peringkat kedua. Selanjutnya tiket pesawat dan reservasi, barang-barang elektronik, hingga software komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s