IndoSchool dan IndoPreneur Raih Penghargaan

Baru seumur jagung dan belum mencapai target, tetapi dua program yang digagas direktorat enterprise and business services Telkom, IndiPreneur dan IndiSchool, berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam Asia Communication Awards 2014.

Berkat program Indonesia Digital Interpreneur (IndiPreneur), Telkom ditasbihkan sebagai Best SME Service Provider of The Year. Sedangkan Indonesia Digital School (IndiSchool) meraih Project of The Year di ajang yang digelar secara tahunan sejak 2011 dan diikuti oleh perusahaan dan vendor terkemuka di industri telekomunikasi khususnya di Asia, seperti SingTel, Smart Communication, NTT Communication, Globe Telecom, Pacnet, Huawei dan lainnya dengan 16 kategori penghargaan yang dikompetisikan.

“Ini apresiasi yang sangat penting bagi Telkom karena IndiPreneur dan IndiSchool merupakan bagian dari upaya Telkom untuk melakukan percepatan pemerataan komunikasi dan informasi atau Digital Inclusion di Indonesia. Kerja keras selama ini mendapat pengakuan dari lembaga publikasi internasional,” kata Direktur Enterprise & Business Telkom, Muhammad Awaluddin kala berbincang santai denga IndoTelko, kemarin.

IndiSchool merupakan program Telkom menyediakan akses Internet WiFi yang mudah, murah dan berkecepatan tinggi di sekolah-sekolah. Investasi yang dikeluarkan untuk satu sekolah sekitar Rp 10-Rp 15 juta mengingat ada sekitar tiga hingga lima access point yang dibangun.

Program IndiSchool digelar sejak Januari 2013 dimana target ambisius dipasang dalam satu tahun ada 100 ribu sekolah terselimuti akses WiFi. Dalam perjalanan, target dipangkas menjadi 50 ribu sekolah. Realisasi sekolah yang dilayani hanya ada sekitar 22 ribu sekolah bergabung dengan 10 juta pengguna.

Hingga Juni 2014 tingkat penetrasi melambat hanya bertambah 70 sekolah atau sekitar 22.070 sekolah dengan 40.088 access point.

Sementara IndiPreneur adalah kegiatan untuk membekali para pelaku UKM dengan pengetahuan mengenai implementasi teknologi informasi dan komunikasi dan e-commerce serta memberikan kemampuan untuk menjalankannya

IndiPrenuer merupakan transformasi Telkom dalam menggarap pasar UKM dengan mengandalkan strategi Business to Business to Consumer (B2B2C). Pola bisnis yang diterapkan adalah freemium, fee based transaction atau pay as you use.

Pada tahun 2014, IndiPreneur membidik omzet sekitar Rp 100 miliar. Sepanjang 2013 program ini memikat sekitar 160 ribu UKM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s