Bisnis Sukses=Kerja keras

Pada posting yang pertama, saya telah menekankan pentingnya kerja keras dalam  mencapai bisnis sukses.  Pada kesempatan ini, marilah kita bersama-sama mencoba menelaah lebih jauh kata sukses, dan melihat lebih mendalam  mengenai konstruksi  huruf tersebut dalam dunia bisnis.

Kata sukses , terdiri dari  huruf  Chéng   yang artinya pencapaian,  dan huruf Gōng  yang artinya hasil. Kalau kita melihat lebih jauh  konstruksi  huruf Gōng, maka akan ditemukan   komponen  huruf  yang artinya  “kerja”  (工 gong) , ditambah  komponen huruf  yang artinya  “tenaga/berupaya sekuat tenaga” (力 li).

Jadi dapat disimpulkan sukses tidak datang dari dunia yang lain, tetapi pencapaian  atau hasil dari  kerja  dengan sekuat tenaga, atau bekerja lebih (“Kerja Keras”). Mereka masih mau bekerja walaupun diluar jam kerja kantor. Mereka  masih mau bekerja walaupun  yang lainnya sudah berhenti. Mereka masih  mau bekerja walaupun……..

Simak  pendapat dan pandangan mereka tentang kerja keras untuk capai bisnis sukses !

  • Ketika Tiger Woods ditanya strategi apa yang digunakan sehingga ia sukses  sebagai seorang pemain golf profesional?  Dengan rendah hati ia mengatakan, “Saya hanya menggunakan waktu lebih banyak. Ketika yang lainnya belum bangun, saya sudah bangun untuk latihan. Ketika yang  lainnya sudah istirahat, saya masih melanjutkan latihan.”
  • Hasil penelitian Dr. Thomas Stanley dari University of Georgia menemukan pola yang sama untuk setiap orang-orang  yang sukses yaitu “kerja keras”. Mereka bekerja 12 s/d 14 jam seharinya. Menurutnya tidak ada  seorang pun bisa mencapai potensi yang maksimum dengan melakukan yang minimum.
  • Menurut ketua Umum Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi, yang saya kutip dari majalah Gontor  edisi 12 mengatakan orang China adalah bangsa yang mempunyai etos kerja tinggi. Bayangkan  mereka bersedia bekerja 11 jam. Menurutnya lagi, padahal banyak orang yang hanya bekerja 8 jam sehari saja sudah keberatan.

Bekerja keras tidak salah, yang salah adalah bekerja keras yang tidak efisien dan efektif, tidak mempunyai arah, sasaran dan fokus yang jelas, serta tidak mempunyai perencanaan/ persiapan yang baik (Saya akan memberikan contoh kisah bekerja keras yang tidak benar, sehingga menyia-nyiakan waktu, tenaga, pikiran pada  posting berikutnya).

Oleh sebab itu, mulailah bekerja dengan lebih keras, lebih ulet tekun serta pantang menyerah dalam mencapai tujuan dan cita-cita Anda.

Salam Sukses Untuk Anda

Leman
Penulis buku 50 Chinese Wisdoms

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s